Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital

Program Studi Bisnis Digital Politeknik Takumi Cikarang mempunya visi misi, Tujuan, Profil Lulusan dan Kurikulum yang akan membantu mencetak Lulusan Prodi Bisnis Digital yang unggul, adaptif dan mampu bersaing baik didunia kerja maupun wirausaha.

Visi dan Misi Program Studi (D4) Bisnis Digital

Sebagai program studi bisnis digital terkemuka di bidang bisnis digital terapan yang menghasilkan lulusan berkarakter dan kompeten dalam bidang manajemen bisnis dan teknologi digital yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan melalui  pengembangan solusi bisnis kreatif, berkelanjutan dan berdaya saing global.

  • 1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi di bidang manajemen bisnis  dan teknologi digital dengan model pembelajaran learning by doing base on project yang unggul, berintegritas dan adaptif terhadap kebutuhan tenaga kerja, dunia usaha, industri dan kewirausahaan dalam lingkup nasional maupun internasional.

  • 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang pengembangan dan penerapan manajemen bisnis dan teknologi digital  dengan berorientasi pada ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis yang memperhatikan keseimbangan lingkungan.

  • 3. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi penyelenggaraan pendidikan vokasi manajemen bisnis dan teknologi digital dengan kebutuhan Industri baik dalam maupun luar negeri.

Ciri Program Studi (D4) Bisnis Digital

  • GAMBARAN
  • Kurikulum yang dikembangkan Program Studi (D4) Bisnis Digital Politeknik Takumi adalah kurikulum KKNI 2015 dengan total 153 SKS. Melalui kurikulum ini, program studi diharapkan mampu menghasilkan lulusan siap kerja yang berkarakter dan kompeten khususnya pada bidang kewirausahaan digital, pengolahan data dan transformasi digital yang unggul, berintegritas, dan adaptif dalam dunia usaha, industri, dan kewirausahaan dalam lingkup nasional maupun internasional.
  •  
PENCIRI PRODI
Memiliki kompetensi sebagai konsultan bisnis, transformasi bisnis digital, mengumpulkan, memroses dan memvisualkan data serta memberikan rekomendasi berbentuk strategi bisnis melalui metode pembelajaran learning factory dan inkubasi bisnis pada semester 7 sesuai dengan moto “Learning by doing base on project

Profil Lulusan Bisnis Digital

Mata Kuliah Bisnis Digital

Jejaring Mata Kuliah

Rekap Capaian Pembelajaran

Sikap
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11. Menjadi pribadi yang dapat dipercaya, mudah berdaptasi, mempunyai hati yang luhur, mempunyai keterampilan yang baik, menjunjung tinggi integritas dan mempunyai pemikiran yang inovatif

Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif , bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang        keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
4. 
Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5. M
ampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya

6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya
7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Pengetahuan 
1. Mampu menguasai konsep manajemen, bisnis, ekonomi dan informatika yang diperlukan untuk strategi bisnis, transformasi digital dan pengolahan data;
2. Mampu menganalisis kebutuhan pelanggan yang dijadikan sebagai landasan keputusan dan strategi bisnis
3. Mampu mengubah metode operasional perusahaan tradisional menjadi digital
4. mampu menguasai metode perumusan masalah, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
5. Mampu menguasai metode inovasi dan penerapannya
6. Mampu mempunyai pemikiran kreatif dan kritis secara teori dan praktik dalam bidang desain, bisnis, transformasi digital dan pengolahan data
7. Mampu menguasai tantangan dan ancaman dalam dunia bisnis, transformasi digital dan pengolahan data
8. Mampu menguasai pemrograman yang berkaitan dengan transformasi bisnis, pengolahan data, dan keamanan data
9. Mampu menguasai metode komunikasi digital dan negosiasi dengan baik
10. Mampu mendapatkan sertifikat bahasa Jepang minimal N4/A1 

Keterampilan Khusus
1. Mampu menguasai teknik dan metode strategi bisnis, transformasi digital, data analytics, data engineer, big data analyst dan data science
2. Mampu menumbuhkan dan mengembangkan jiwa enterpreneurship berdasarkan metode inovasi, hukum, etika profesi dan etika bisnis
3. Mampu mengembangkan ide bisnis menjadi sebuah bisnis nyata secara digital yang mampu bersaing berdsarkan hukum dan etika yang berlaku
4. Mampu menguasai manajemen project, manajemen keuangan dan manajemen bisnis
5. Mampu menguasai pemasaran digital meliputi iklan digital, desain dan konten digital
6. Mampu mendapatkan, mengelola dan mengasilkan pengetahuan baru dari pengolahan data berlandaskan etika profesi dan etika bisnis
7. Mampu menerapkan metode Market Research untuk strategi bisnis digital
8. Mampu melakukan analisis konsumen secara valid dan mendalam untuk digunakan sebagai landasan keputusan strategi bisnis dan promosi digital
9. Mampu melakukan visualisasi data sebagai acuan pengambilan keputusan
10. Mampu meningkatkan jumlah pelanggan sebagai indikator evaluasi dan keberhasilan keputusan
11. Mampu menguasai metode digitalisasi operasional bisnis dan menambah value produk/jasa secara digital untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan
12. Mampu menguasai manajemen proses bisnis, manajemen keuangan digital, Kecerdasan buatan dan machine learning untuk kebutuhan transformasi digital industri
13. Mampu menerapkan metode pengambilan keputusan dengan pemikiran kritis dan kreatif 
14. Mampu menguasai metode inovasi untuk menghasilkan ide baru untuk strategi bisnis, transformasi digital dan pengolahan data
15. Mampu menerapkan konsep desain visual, audiovisual dan multimedia untuk kebutuhan strategi bisnis dan promosi digital
16. Mampu mempunyai pemikiran kreatif untuk membuat rancangan desain dalam memenuhi kebutuhan promosi digital
17. Mampu membuat konten sosial media dan meningkatkan AIDA
18. Mampu mengelola dan memahami algoritma sosial media untuk kebutuhan bisnis dan promosi
19. Mampu menguasai digital branding, product design dan product development
20. Mampu menguasai manajemen resiko secara konvensional dan digital
21. Mampu mendapatkan, mengelola, menyimpan dan mengamankan data dengan mengoptimalkan teknologi informasi berdasarkan hukum dan etika yang berlaku
22. Mampu menerapkan pemikiran kreatif dan kritis dalam proses transformasi digital
23. Mampu meningkatkan peringkat pencarian website pada pencarian google, bing dan yahoo
24. Mampu meningkatkan peringkat toko online di marketplace pada pencarian teratas
25. Mampu berkomunikasi dengan baik dengan menggunakan bahasa indonesia, inggris dan jepang 
26. Mampu mengoptimalkan penggunaan bahasa dalam teknik copywriting untuk kebutuhan bisnis dan promosi digital
27. Mampu membuat materi dan melakukan negosiasi secara langsung maupun tidak langsung untuk kebutuhan bisnis
28. Mampu bernegosiasi dengan baik dengan mengacu pada hukum, etika bisnis, dan etika profesi