Belajar Digital Marketing pemula? Kamu Bisa!

Belajar digital marketing pemula- Mau jago Digital Marketing? ini yang harus kamu persiapkan.

Digital marketing merupakan salah satu rumpun ilmu dari Bisnis Digital. DM adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform digital dan menggunakan alat – alat elekronik, untuk mempromosikan produk atau layanan. ini melibatkan pengguna internet, sosial media, email, mobile dan berbagai perangkat elektronik lainnya.

Digital marketing menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. diantaranya, jangkauan yang luas dan targeting yang tepat. interaksi dan komunikasi dengan pelanggan lebih cepat dan realtime juga analisis yang akurat. kali ini kita tidak membahas keunggulan digital marketing, tapi kita akan membahas apa yang harus kita kuasai, jika ingin menjadi jago digital marketing.

Untuk belajar digital marketing kita harus menguasai beberapa hal. jangan khawatir, berikut yang perlu dipelajari untuk jago digital marketing untuk pemula.

1. SEO (Search Engine Optimization) digital marketing

mungkin kita sudah tidak asing mendengan SEO. adalah bagaimana website kita bisa muncul di pencarian pertama google. simpelnya setiap user mencari sesuatu di google, website kita yang muncul paling atas. contohnya, jika di suatu pasar, toko kita tempatnya paling depan di dekat pintu masuk. pasti lebih dulu dilihat dan kemungkinan lebih besar lebih banyak pengunjung.

cara kerja SEO mencocokkan kata kunci dari artikel yang kita buat, dengan kata kunci yang di cari pengguna. supaya kata kunci itu cocok dengan artikel yang kita buat, berikut ada beberapa trik :

  1. Tentukan kata kunci yang ingin dibuat
  2. Buat kata kunci pada judul artikel, paragraf pertama artikel, deskripsi meta dan deskripsi gambar
  3. Tambahkan gambar yang relevan dengan artikel yang kita buat
  4. Gunakan plugin yoast SEO untuk membantu melihat apakah kata kunci yang kita inginkan. sudah sesuai dengan artikel yang kita buat. supaya saat pengguna mengetikkan kata kunci tersebut, bisa menemukan website kita pada pencarian teratas google
  5. Gunakan external link dan internal link. external link ditujukan untuk website berbeda yang menyangkut dengan pembahasan artikel. internal link ditujukan untuk salah satu artikel atau link yang masih terdapat pada website kita
  6. Tambahkan tags yang relevan saat ingin publish artikel
  7. Setelah publish, tunggu 1-2 hari dan ketik pada pencarian google kata kunci yang kita buat. lihat kita ada di ranking ke berapa
  8. Analisis apa yang belum optimal pada artikel kita
  9. Lakukan secara konsisten untuk terus menaikkan peringkat pencarian google website kita

2. Sosial Media dan Konten Marketing (Belajar digital marketing)

ini bukan hanya bagaimana membuat konten yang menarik. tetapi bagaimana membuat branding image, strategi konten yang tepat sasaran. tentang algoritma setiap sosial medianya juga perlu diperhatikan. setiap sosial media mempunyai algoritma sendiri untuk memunculkan konten pada pencarian teratas pengguna. contohnya, untuk FYP pada Tiktok, kita tidak perlu membuat video yang panjang. cukup dengan 1-2 menit. Tiktok menyarankan untuk membuat video langsung pada pokok bahasan. 3 detik pertama adalah emas di Tiktok!.

Tiktok akan menyebarkan video kita ke 200 pengguna pertama. apabila banyak like, comment dan share, video kita akan lanjut di sebarkan ke 500 pengguna. lalu ke 1000 pengguna dan seterusnya. apabila konten kalian stuck di 200 view, berarti konten kalian belum banyak di like, share dan comment. buatlah konten yang menarik. dengan membuat hook di 3 detik awal agar penonton ingin menonton video kalian, dan manfaatkan setiap detik berikutnya agar penonton bisa bertahan sampai akhir video. gunakan pancingan seperti pertanyaan yang bisa dijawab di comment, atau minta sebarkan video ini jika bermanfaat. gunakan hashtag yang relevan, tidak terlalu banyak tapi sesuai dengan isi dari konten yang kalian buat.

berbeda dengan youtube yang menginginkan video yang lebih panjang agar sponsor lebih banyak bisa masuk. tetapi youtube tidak spesifik akan membagikan video dengan 200 orang pertama seperti tiktok. youtube lebih melihat relevansi konten untuk penggunanya. jika youtube merasa konten ini banyak disukai dan banyak dibagikan, youtube tidak langsung menaikkan pengungjung konten tersebut. youtube lebih menyukai konten kreator yang konsisten dan disiplin dalam membuat konten.

semacam tes kesabaran dari youtube untuk memastikan bahwa kita memang serius dan mengeluarkan effort dalam membuat konten

3. Data Analytics

kita juga harus tahu target pasar kita. oleh karena itu, kita membutuhkan data yang akan di analisis, untuk kita gunakan sebagai acuan membuat strategi digital marketing, agar apa yang kita buat tepat sasaran. misalnya, kita jualan es krim di komplek perumahan pensiunan. apakah akan banyak dibeli? tentu jawaban nya tidak!.

contohnya, apabila kita ingin menjual es krim tentu kita akan berjualan di komplek yang banyak anak kecilnya, atau di taman bermain anak. itu akan lebih banyak peminatnya. begitu juga dengan digital marketing. kita perlu tahu data tentang target pasar kita supaya strategi, konten dan kata kunci pada SEO akan tepat sasaran.

masih banyak lagi pembahasan tentang digital marketing.
mau tau tutorial SEO? atau cara mudah bikin konten? atau, bagaimana mendapatkan data target pasar? silahkan komen ya. nanti akan kita bahas!